Entri Populer

Selasa, 30 November 2010

ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN KEMISKINAN


Ilmu Pengetahuan lazim digunakan dalam pengertian sehari-hari, terdiri dari dua kata, “ilmu” dan “pengetahuan”, yang masing-masing mempunyai identitas sendiri. Dalam membicarakan “pengetahuan” saja akan menghadapi berbagai masalah, seperti kemampuan indera dalam memahami fakta pengalaman dan dunia realitas, hakihat pengetahuan, kebenaran, kebaikan, membentuk pengetahuan, sumber pengetahuan dan sebagainya.
Teknologi dalam penerapannya sebagai jalur utama yang dapat menyongsong masa depan cerah, kepercayaannya sudah mendalam. Sikap demikian adalah wajar, asalkan tetap dalam konteks penglihataan yang rasional.
Kemiskinan merupakan tema sentral dari pearjuangan bangsa, sebagai pearjuangan yang akan memperoleh kemerdekaan bangsa dan motivasi fundamental dari cita-cita menciptakan masyarakat adil dan makmur. Hal itu sudah sejak lama oleh sarjana ekonomi dibanyak negara digeluti dan dipecahkan, dan setiap kali pula pemecahannya lolos dari genggaman, dan berkembang menjadi masalah baru.
Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Kemiskinan merupakan bagian-bagian yang tidak dapat dibebaskan dan dipisahkan dari suatu sistem yang berinteraksi, interelasi, interdependensi dan ramifikasi (percabangan).
1.       Ilmu Pengetahuan
Pandangan tentang ilmu pengetahuan adalah sumber-sumber pengetahuan berupa ide, kenyataan, kegiatan akal-budi, pengalaman, sintesis budi, atau meragukan karena tak danya sarana untuk mencapai pengetahuan yang pasti. Untuk mencapai pengetahuan yang ilmiah dan objektif diperlukan sikap yang bersifat ilmiah. Sikap yang bersifat ilmiah itu meliputi 4 hal :
1)        Tidak ada perasaan yang bersifat pamrih sehingga mencapai pengetahuan ilmiah yang objektif.
2)        Selektif, artinya mengadakan pemilihan terhadap problema yang dihadapi supaya, didukung oleh fakta atau gejala, dan mengadakan pemilihan terhadap hipotesis yang ada.
3)        Kepercayaan yang layak terhadap kenyataan yang tak dapat diubah maupun terhadap alat indera dan budi yang digunakan untuk mencapai ilmu.
4)        Merasa pasti bahwa setiap pendapat, teori, maupun aksioma terdahulu telah mencapai kepastian, namun masih terbuka untuk dibuktikan kembali.
Dalam hal menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan tersebut, perlu diperhatikan hambatan sosialnya. Bagaimana konteksnya dengan teknologi, dan kemungkinan mewujudkan suatu perpaduan dan pertimbangan moral dan ilmiah. Sebab manusia tidak selalu sadar akan hal ini, dan manusia yang paling sederhana pun hanya menerima informasi mengenai kemungkinan yang dihasilkan oleh peneliti-peneliti sebelumnya.
Illmu pengetahuan sekarang menghadapi kenyataan kemiskinan, yang pada hakikatnya tidak dapat melepaskan diri dari kaitannya dengan ilmu ekonomi karena kemiskinan merupakan persoalan ekonomi yang paling elementer, dimana kekurangan dapat menjurus pada kematian.
2.       Teknologi
Teknologi memperlihatkan fenomenanya dalam masyarakat sebagai hal imperasional dan memiliki otonomi menubah setiap bidang kehidupan manusia menjadi lingkup teknis. Fenomena teknik pada masyarakat kini, menurut SASTRAPRATEDJA (1980) memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1)        Rasionalitas, artinya tindakan spontan oleh tehnik diubah menjadi tindakan yang direncanakan dengan perhitungan rasional.
2)        Artifisialitas, artinya selalu membuat sesuatu yang buatan tidak alamiah.
3)        Otomatisme, artinya dalam hal metode, organisasi, dan dan rumuusan dilaksanakan serba otomatis.
4)        Teknis berkembang pada suatu kebudayaan.
5)        Monisme, artinya semua teknik bersatu, saling berinteraksi dan saling bergantung.
6)        Universalisme, artinya teknik melampaui batas-batas kebudayaan dan ediologi, bahkan dapat menguasai kebudayaan.
7)        Otonomi, artinya teknik berkembang menurut prinsip-prinsip sendiri.
Luas bidang teknik digambarkan oleh ELLUL sebagai berikut :
1)        Teknik meliputi bidang ekonomi, artinya teknik mampu menghasilkan barang-barang industri.
2)        Teknik meliputi bidang organisasi seperti administrasi, pemerintahan, manajemen, hukum dan militer.
3)        Teknik meliputi bidang manusiawi seperti pendidikan, kerja, olahraga, hiburan dan obat-obatan.
3.       Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Nilai
Ilmu pengetahuan teknologi sering dikaitkan dengan nilai atau moral. Hal ini besar perhatiannya tatkala dirasakan dampaknya melalui kebijaksanaan pembangunan, yang ada hakikatnya adalah penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Masalah nilai kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, menyangkut perdebatan sengit dalam menduduk perkarakan nilai dalam kaitannya dengan ilmu dan teknologi. Sehingga kecenderungan sekarang ada dua pemikiran yaitu : yang menyatakan ilmu bebas nilai dan yang menyatakan ilmu tidak bebas nilai. Ilmu pengetahuan pada dasarnya memiliki tiga komponen penyangga tubuh pengetahuan yang disusunnya yaitu : ontologis, epistemologis, dan aksiologis.
Komponen ontologis kegiatanya adalah menafsirkan hakikat realitas yang ada, sebagaimana adanya. Komponen epistemologis berkaitan dengan nilai atau moral pada saat proses logis-hipotesis-verifikasi. Komponen aksiologis artinya lebih lengket dengan nilai atau moral.
4.       Kemiskinan
Kemiskinan merupakan tema sentral dari pearjuangan bangsa, sebagai inspirasi dasar dan perjuangan akan kemerdakaan bangsa dan motivasi fundamental dari cita-cita menciptakan masyarakat adil dan makmur.
Garis kemiskinan yang menentukan batas aminimum pendapatan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pokok, bisa dipengaruhi oleh 3 hal :
(1)      Persepsi manusia terhadap kebutuhan pokok yang diperlukan.
(2)      Posisi manusia dalam lingkungan sekitar.
(3)      Kebutuhan objektif manusia untuk bisa hidup secara manusiawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar